Share Berburu Rumah Idaman - 2

Setelah berhari-hari, siang malam, cari-cari rumah baru dan second di sekitar bekasi timur kami terbentur beberapa hal :

Pertama ..
Harus siap DP minimal 10%-20% dari harga rumah plus biaya urus-urus KPR 7 jutaan.  Ongkos bolak-balik Total-total paling gak harus siap uang 20-30 jt…wekss. Tabungan Cuma ada 17 jtan dan yang 10 gak boleh diutak-atik buat biaya sekolah Aisyah. Tapi karena tekat sudah bulat coba cari cara alternative, di internet kan banyak sekali iklan beli rumah tanpa keluar modal. Setelah dipelajari ternyata pake cara tipu-tipu. Beli rumah second dan mark up harga pada saat mengajukan KPR ke bank. Gak sreg di hati, takut rumah gak berkah, he he padahal udah nyoba nyari juga sih tapi dasar gak di ridhoi Allah jadi gak dapet-dapet.

Kedua.. syarat KPR salah satunya harus sudah karyawan tetap, atau kontrak tapi sudah 5 tahun (kalau gak salah). Browsing sana-sini konon kabarnya bank Mu’amalat ada program KPR untuk karyawan dengan status kontrak. Dengan semangat 45 bun datangi kantor cabang dekat rumah …. dan dengan langkah gontai pulang tanpa hasil. Mbak CS bagian kredit bilang belum bisa hiks. Tapi ini di cabang bekasi Ruko Kalimas ya, teman-teman senasib yang juga menghadapi rintangan yang sama jangan patah harapan coba di cek dulu, mungkin di pusat atau cabang lain bisa soalnya di situsnya bilang bisa.

Ketiga.. Solusi lain yang umum dilakukan teman-teman senasib adalah meminta surat keterangan palsu dari HRD yang menyatakan bahwa calon kreditur adalah karyawan tetap, tapi Alhamdulillah :P Abi gak mau dengan cara itu. Mau yang lurus-lurus aja katanya…sama dong bi .bun juga maunya yang lurus-lurus (xixixi..apaan sih).

Setelah dua bulanan nongkrongin laptop cari-cari rumah via internet belum dapet-dapet, pasrah tapi belum menyerah (hampiiiir sih ~_*”), dengan berbekal doa-doa dan prasangkaan baik pada yang Maha Mengatur Bun melanjutkan perburuan. Gaya banget ya padahal berburunya Cuma di internet doang gak  jalan kemana-mana. Bun merubah strategi, ganti kata kunci browsing dengan “rumah tanpa KPR”, dan terdampar di sebuah situs yang sepertinya baru di upload, soalnya kemaren-kemaren gak nongol tuh. Daaaaan..jreng jreng kok iklannya sesuai kebutuhan kami nih perumahan. Bunyi iklannya begini :

KAVLING SIAP HUNI TANPA BUNGA
Kami merupakan perumahan yang menawarkan konsep  minimalis dan satu-satunya dengan kepemilikan SHM (Sertifikat Hak Milik). Lokasi yang strategis di Tambun, Bekasi hanya 10 menit dari stasiun kereta api Tambun, dekat dengan pasar tradisional, Rumah sakit dan Sekolah, dapat dijangkau melalui akses jalan tol
Desain dapat disesuaikan dengan permintaan, sudah dilengkapi wastafel, seluruh ruangan sudah memakai lantai dengan keramik motif


Syarat Cuma kopi KTP dan KK, bayar booking fee 500 ribu, rumah type 22/60 DP 3 jt dan cicilan 650 rb perbulan selama 15 tahun tanpa proses KPR pula. Langsung telpon abi. Abi bilang hari sabtu nanti kita lihat yuk, klo harga segitu bisa ambil 2 kavling sekaligus bun. Hati bun pun berbunga-bunga.

Bersambung

Komentar