Share Berburu Rumah Idaman - 1


Gak kerasa pernikahan kami sudah masuk tahun ke tiga dan kami masih di rumah mama, belum punya tanah apalagi rumah sendiri untuk dihuni. Keenakan kali ya tinggal di rumah mama serba gratisan..wekekekk..tapi ngiri juga liat sodara-sodara sepupu dari belum nikah aja udah punya tanah, ada juga yang udah punya rumah. Kok bisa ya menej duitnya….wah musti belajar lagi nih… habis kemaren-kemaren pas belum nikah bisnis lagi bagus penghasilan gede sibuk aja bagi-bagi duit dan lupa nabung …..(preetttt), sekarang pas udah nikah bisnis sudah tutup dan penghasilan Cuma dari gaji si abi baru deh ribut atur sana atur sini biar cukup buat kebutuhan harian, tabungan pendidikan, asuransi dan tentunya tabungan buat dp rumah. Senyaman apapun rumah mama teteuup harus punya sendiri….bukti eksistensi gitu looh (alaynya keluar).

Tahun ini Alhamdulillah gaji abi naik lagi, mulailah bunda sebagai manajer keuangan melakukan kalkulasi ulang. Tang ting tung tang ting tung…pake simulasi di excel atau di situs simulasi kreditya BCA hmmmmm bisa nih kridit rumah sederhana yang cicilannya 1.2 jtan. Bikin Planning dulu ah..

Langkah 1. Setting rumah yang mau di cari dengan cicilan 1.2 jtan. Paling rumah second/baru 36/72 atau rumah 22/60 x 2 atau cari tanah kavling yang bisa di kredit jadi bisa bangun rumah sesuai rancangan sendiri, soalnya bun pingin banget bikin rumah bambu. Kriteria lain yang abi pingin dan pas juga sama harapan bun kalau bisa agak di daerah kampung yang masih banyak pepohonan dan kurang polusi, biar bisa ngangon kelinci dan kambing, pasti Aisyah suka.

Langkah 2. Tetapkan Target Lokasi. Pinginnya di bilangan bekasi timur biar gak  jauh dari mama. Deket tol biar abi mudah berangkat kerja. Deket Mall/pasar biar bun dan Aisyah gampang klo mo belanja-belanja :P. Deket Kolam renang biar bisa sering renang.

Langkah 3. Browsing-browsing via internet harga di daerah Target, padahal di sekitar rumah mama banyak perumahan lho, lama maupun baru, tapi karena gak mau modal ongkos, repot bawa-bawa Aisyah karena cuaca gak menentu plus bun belum berani setir motor L dan mobil sendiri (karena emang belum punya :D )  jadi jonggrok aja dirumah.

Komentar